Panduan Cara Membuat Blog WordPress Gratis

Cara Membuat Blog WordPress Gratis. Sekarang membuat Website/Blog sangatlah tidak sulit, karena sudah banyak platform gratisan bertebaran di internet salah satunya Wordpress dan untuk tahapan membuat blog Wordpress dibutuhkan waktu 5 menit saja sudah dapat ngeblog.
Membuat Blog WordPress. BLOG menurut wikipedia adalah salah satu bentuk tulisan dan gambar yang dipublikasikan pada halaman  web log dan bisa diakses melalui jaringan internet, Nah maka sekarang untuk user baru untuk mendaftar blog gratisan semakin dipermudah oleh sejumlah platform memberikan sarana situs membuat blog baru sehingga sekarang banyak bermunculan hampir setiap hari ribuan blog dari wordpress gratis dan premium berada di internet. Kenapa membuat blog di WordPress semakin mudah ? Ada satu alasan karena fitur dari karakter platform wordpress mudah dipahami pengguna baru.

Cara buat blog gratis wordpress

Ditengah gencarnya pengguna di internet seperti forum, media sosial, chating, searcing, maka kebutuhan informasi semakin dibutuhkan, bila dahulu berita selalu menunggu terbitnya koran atau majalah atau tunggu berita di tv tapi sekarang semakin mudah informasi didapat melalui media elektronik dengan alat perangkat smarphone, laptop, pc. Berita yang ada di internet dari beberapa platform website, bayangkan bila tidak ada website dan blog apakah search engine google akan memberikan jawaban bila permintaan pengguna meminta satu keyword untuk satu pencarian, tentu jawabanya banyak yang kosong atau mungkin tidak akan ditemukan , jadi disini peranan penting search engine dan website/blog dibutuhkan untuk memberikan informasi seakurat mungkin, lengkap dan cepat, Maka dari itu seperti kesempatan ini Saya akan mengulas bagaimana cara membuat blog atau website gratis dari WordPres.com.

Wordpress adalah platfrom blog dari waktu ke waktu peningkatannya semakin baik untuk membuat website guna memenuhi kebutuhan publik dan bisa digunakan untuk website toko online, website personal, website bisnis juga sarana meluangkan waktu untuk berbagi untuk umum.

WordPress sendiri dibagi ada 2 jenis seperti WordPress.com dan WordPress.org, dari kedua jenis ini banyak sekali perbedaan dan kesamaan, seperti wordpres.com ini disebut juga sarana pembuatan website gratis maka ruang lingkup data yang diberikanpun sebatas 3 Giga ini jauh berbeda dengan WordPress.org kesediaan data bisa anda yang menentukan, Kesamaan semua program dari Platform WordPress untuk sarana berbagi informasi.

Baca juga : 9 Plugin Terbaik Wordpress Untuk Self Hosting

Setelah Anda tahu pengertian tentang WordPress yang telah dibahas diatas, sekarang ke tahap selanjutnya, cara membuat blog dan website baru di WordPress  sebagai berikut ini :

LANGKAH MEMBUAT WEBSITE WORDPRESS.COM


1). Silahkan akses halaman website resminya www.wordpress.com. Selanjutnya akan terbuka ke halaman baru seperti screenshot di bawah ini :

Alamat website

Pada kotak ini Anda harus memasukan alamat baru website WordPress, alamat ini sebagai nama alamat website yang bisa diakses nantinya oleh publik, setelah itu masukan alamat blog yang belum digunakan oleh orang lain, Selanjutnya klik kotak tombol "Buat Situs Web.

2). Halaman baru terbuka untuk Anda isi beberapa kolom yang tersedia dengan data informasi yang valid atau benar, seperti mengisi alamat email, nama pengguna username, password. Email dan password nantinya digunakan untuk masuk ke panel WordPress punya Anda.

Pengisian data 

3). Kolom untuk alamat email isi dengan nama email yang masih aktif. Ketika pendaftaran selesai pihak Wordpress akan memberi konfirmasi email pendaftaran yang berhasil dan sukses akan dikirim ke email Anda tad. Bila ketika pendaftaran ini Anda belum memiliki akun email silahkan buat dulu email baru karena semua syarat daftar blog baru adalah sebuah email yang valid. Untuk panduan memiliki akun email silahkan buka tautan link ini cara buat akun email Yahoo dan cara buat akun Gmail Email Google

4). Untuk kolom pengguna atau username, isikan nama pengguna Anda. Perlu diperhatiakan nama pengguna hanya bisa digunakan untuk satu pengguna saja, bila ada kesamaan maka Anda disuruh mencari lagi.

5). Kolom password harus mengisikan dengan huruf, angka dan simbol biasanya password ini harus unik jangan gampang ditebak orang.

6). Tanda hijau menandakan nama alamat website Anda diterima, namun apabila nama sudah ada pengguna lain yang memilikinya maka akan ada tanda ceklis merah.

7). Setelah semua data pada kolom diisi dengan benar maka maka akan ada tampilan sebagai berikut :

Selanjutnya Anda klik pada tulisan “ Buat Blog ” seperti tanda merah untuk pembuatan website versi gratisan. Silahkan tunggu email konfirmasi yang dikirim pihak WordPress sebagai balasan anda membuat akun website baru.



8). Pada tahap ini sebagai penyesuaian untuk blog Anda ada beberapa poin penting agar blog anda siap digunakan dan tampilan ok, seperti step-step beikut ini :

SIAPKAN NAMA JUDUL BLOG



PILIH TEMA BLOG :



SESUAIKAN TEMA PILIHAN :



SETTING (Share) BLOG KE SOSIAL MEDIA :



PANDUAN :

Silahkan lengkapi semua data opersional blog Anda, dan selanjutnya Klik pada tulisan " Langkah Berikutnya "untuk proses yang cepat, setelah itu maka akan terbuka ke "Halaman admin panel blog" , selanjutnya Anda akan melihat ada notifikasi seperti di bawah ini :



9). Silahkan buka inbox email anda yang tadi dipakai untuk pendafaran pada awal registrasi. Contoh screenshot di bawah ini :



10). Berdo'a dulu ya semoga semua usaha Anda berhasil !! , Akun Anda aktif dengan pemberitahuan pesan sebagai berikut :



Langkah-langkah yang sudah diisi dan sesuai data yang diminta sudah selesai maka Anda sudah membuat blog dari WordPress secara lengkap, menurut Saya bila ingin memperbaiki dan menyeting ulang data atau template silahkan sesuaikan dengan niche blog Anda.


Ada satu yang perlu Anda ketahui adalah cek email dari WordPress menyatakan bahwa Anda sudah membuat website di Wordpres.com pada bagian nomor 9.

Sekian artikel tentang cara buat blog gratis WordPress semoga semua ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin mulai ngeblog. Salam sukses.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel